Postingan

Menampilkan postingan dari 2022

A Video

Hello, now I will share a video......  

Tips untuk Mencintai Diri Sendiri

Gambar
  Mencintai diri sendiri……cobalah jujur pada dirimu, sudahkah kamu mencintai dirimu dengan begitu baik ?   Mencintai diri sendiri adalah segala sesuatu yang kita lakukan untuk menolong diri kita agar bisa bangkit, agar bisa merawat diri, dan untuk menguatkan hubungan kita dengan diri kita sendiri (Joanna Platt, 2016). Kita biasanya membangun kepercayaan dan hubungan dengan orang lain, maka kita juga butuh untuk membangun kepercayaan dan hubungan dengan diri kita sendiri. Mencintai diri sendiri membantu   kita percaya dengan diri kita dan membuat kita merasa dicintai oleh diri kita sendiri. Mencintai diri sendiri menurut Joanna Platt bukan sesuatu yang berlebihan.                                           Berikut cara mencintai diri sendiri   menurut Joanna Platt (2016) yaitu : 1.        Quality Time Kamu merasa dicintai ketika kamu punya waktu untuk dirimu sendiri Contoh : membaca buku yang kamu sukai, relaksasi, dan lain-lain 2.        Physical Touch Kamu akan merasa

Gangguan Belajar

Gambar
  Gangguan belajar adalah kesulitan dalam memahami Bahasa baik secara lisan maupun tulisan, termasuk kesulitan mendengar, berpikir, membaca, menulis, dan mengeja, serta kesulitan dalam hal matematika. Gangguan belajar bukan disebabkan oleh keterbatasan penglihatan, keterbatasan pendengaran, keterbatasan motorik, retardasi mental, gangguan emosi, atau karena keterbatasan lingkungan, budaya, atau ekonomi. Gangguan belajar terdiri dari tiga macam, yaitu : 1.    1.     Disleksia Merupakan gangguan belajar dalam hal membaca dan mengeja (Ise & Schulte-Korne, 2010) 2.       2.   Disgrafia Merupakan gangguan belajar dalam hal menulis dengan tangan (Rosenblum, Aloni, & Josman, 2010). Individu dengan gangguan disgrafia sangat lamban menulis, hasil tulisannya sangat sulit dibaca, dan sering membuat kesalahan ejaan karena tidak mampu membedakan bunyi dan huruf 3.       3.   Diskalkulia Merupakan gangguan belajar yang berhubungan dengan angka, seperti misalnya bilangan, sist

Mental yang Kuat

Gambar
  Perkembangan mental yang sehat adalah kemampuan meningkatkan regulasi emosi, mengelola pikiran, berperilaku dengan sikap yang positif, dan mampu mengalahkan keadaan. Terdapat beberapa faktor yang menentukan perkembangan mental yang kuat, diantaranya : 1.        Genetik Gen menentukan peran apakah seseorang mudah mengalami isu kesehatan mental atau tidak 2.        Kepribadian Beberapa orang memiliki kepribadian yang membantu seseorang berpikir lebih realistis dan berperilaku lebih positif di lingkungannya 3.        Pengalaman Pengalaman hidup seseorang mempengaruhi bagaimana orang tersebut berpikir mengenai dirinya, orang lain, dan lingkungan secara umum   Untuk memahami kekuatan mental, kita perlu mempelajari bagaimana pemikiran kita, perilaku, dan perasaan yang semuanya saling terjalin. Inilah mengapa mental yang kuat memerlukan 3 cabang pendekatan, yaitu : 1.        Pemikiran Mengidentifikasi pemikiran irasional dan menggantinya dengan pemikiran realistis. 2

Proses Konseling

Gambar
  Dalam buku Untung (2012) disebutkan proses konseling terdiri dari 4 tahap, yaitu : 1.        Membangun Hubungan Maksud membangun hubungan adalah guru ketika konseling dengan siswa   harus bisa menciptakan suasana yang kondusif, harus bisa membangun rasa percaya dari siswa kepada guru sehingga siswa diharapkan akan menyampaikan hal-hal dengan jujur dan terbuka, serta pemahaman umum tentang apa saja yang terlibat di dalam proses konseling 2.        Pengidentifikasian dan Pengeksplorasian Masalah Cara mengumpulkan informasi terkait masalah siswa   terdapat 3 dimensi, yaitu : a.        Dimensi Waktu Maksudnya adalah pengalaman masa lalu siswa seberapa besar mempengaruhi kehidupannya masa sekarang, lalu kehidupan siswa masa sekarang seberapa baik berfungsinya, dan masa depan merupakan harapan, rencana, tujuan, dan strategi siswa untuk mencapai mimpi-mimpinya b.        Dimensi Emosi Emosi dan perasaan siswa terhadap dirinya dan orang lain yang signifikan seperti kelompok, s

Tujuan Konselor

Gambar
Sebetulnya tujuan guru BK melakukan pemanggilan siswa itu untuk apa ? Hal yang perlu dimiliki oleh guru BK ketika melakukan konseling disebutkan dalam buku Untung (2012) yaitu : 1.        Membangun hubungan yang menyenangkan dan positif 2.        Menjelaskan kepada siswa proses konseling dan tanggung jawab timbal baliknya 3.        Memfasilitasi komunikasi 4.        Mengidentifikasi dan memverifikasi masalah siswa 5.        Membuat rencana bersama klien untuk memperoleh data asesmen yang dibutuhkan agar kemudian menyukseskan proses konseling                        Hal yang seharusnya dimiliki siswa ketika melakukan konseling dengan guru BK adalah : 1.        Memahami proses konseling   dan tanggungjawabnya di dalam proses konseling ini 2.        Menegaskan alasan mencari bantuan konseling 3.        Bekerja sama selama proses konseling mengenai masalah yang sedang dihadapinya

Mengapa di Sekolah Suka Ada Konseling ?

Gambar
Biasanya guru BK sering memanggil siswa/siswi yang bermasalah ke ruangannya, iya gak sih ? Sebetulnya yang di panggil ke ruang BK itu tidak hanya siswa/siswi yang bermasalah saja, tetapi siswa/siswi yang ingin diskusi mengenai orientasi masa depannya, baik itu tentang pekerjaan maupun pendidikan. Langsung saja, sebenarnya konseling di sekolah itu untuk apa ? Dalam buku Untung (2012) menyebutkan tujuan konseling adalah : 1.        Tujuan Perkembangan Klien dibantu untuk memenuhi atau meningkatkan potensinya mengantisipasi pertumbuhan dan perkembangan dirinya (secara sosial, personal, emosi, kognitif, kesejahteraan fisik, dan lain-lain) 2.        Tujuan Prefentif Konselor membantu klien menghindari sejumlah hasil yang tidak diinginkan 3.        Tujuan Perbaikan Membantu klien mengatasi dan/atau menangani perkembangan yang tidak diinginkan 4.        Tujuan Penyelidikan Penyelidikan mencerminkan   tujuan yang tepat untuk menguji pilihan-pilihan, pengetesan keahlian da

METAMORFOSA KEGAGALAN

Gambar
  Dalam buku Martin Meadows (2010) ternyata kegagalan itu diperlukan. Hal ini karena kegagalan itu bagian dari proses dan memberikan pelajaran untuk diri kita, mengapa suatu hal tidak berjalan seperti yang kita harapkan, sehingga apanya yang perlu diperbaiki. Langsung saja, 3 hal dibawah ini merupakan alasan mengapa kegagalan itu dibutuhkan : 1.        Kegagalan ibarat navigasi labirin Hal ini maksudnya adalah kita diajarkan oleh kegagalan mengenai langkah-langkah apa yang perlu kita perbaiki dan langkah-langkah apa yang dapat kita lakukan untuk mencapai tujuan. Menurut Martin Meadows, ketika kita menentukan langkah baru   justru sebuah proses kembali dimulai, BUKAN justru berakhir. 2.        Kegagalan Merupakan Alat Pahat Michelangelo pernah mengatakan ‘’setiap blok batu memiliki patung   didalamnya dan tugas seorang pemahat adalah menemukan patung dalam batu tersebut’’. Maksudnya adalah ketika seseorang menganggap kegagalan sebagai alat pahat maka ia akan terpacu untuk memaha

Berdamai dengan Kegagalan yang Tidak Bisa di Elak

Gambar
  Dalam buku Martin Meadows (2010) disebutkan bahwa terdapat tiga cara yang dapat dilakukan supaya bisa berdamai dengan kegagalan yang tidak bisa dielak: 1.     1.     Terima Apa yang Tidak bisa di Ubah Sebagian hal ada dalam kendali kita, namun sebagian lain di luar kendali kita. Marah terhadap suatu hal yang tidak bisa kita pengaruhi bukan hanya merupakan sikap yang tidak produktif, namun juga membiarkan diri kita berada dalam hukuman yang tidak diperlukan. 2.    2.      Praktek Ketidakberuntungan Menurut Meadows (2010), dengan membayangkan diri kita berada dalam situasi sulit, maka hal ini akan memunculkan reaksi kita terhadap situasi tersebut, dan hal ini yang akan membangun mental resiliens ketika menghadapi situasi sulit. Oleh karena itu, kita perlu memiliki rencana kedua. 3.        3.  Masalah Hanya Sementara Menurut Stoics, segala hal yang ada dalam hidup hanya sementara.

Cara Menumbuhkan Semangat dalam Diri

Gambar
  Dalam buku Frank Ramos (2017), cara menumbuhkan semangat dalam diri adalah : 1.     1.     Menentukan tujuan 2.      2.    Menentukan mimpi/harapan 3.      3.    Mengidentifikasi   passion (kesukaan yang kuat terhadap sesuatu) 4.       4.   Mengetahui bakat yang dimiliki 5.      5.    Menuliskan rencana yang dipertimbangkan sesuai dengan keadaan 6.      6.    Melaksanakan rencana sesuai dengan yang telah dituliskan 7.     7.     Konsisten terhadap rencana yang telah dibuat sampai berhasil Untuk memunculkan semangat dalam diri, kita harus percaya terhadap diri kita.   Kita juga perlu mengevaluasi   diri. Dalam buku Frank Ramos juga disebutkan bahwa rencana yang kita miliki mampu   memunculkan semangat dalam diri kita.  

Transformasi Seleksi Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2023

Gambar
  Seleksi masuk PTN tahun 2023 nanti berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun 2023 ini, jalur masuk PTN terbagi ke dalam 3 jalur yaitu : 1.       1.   Seleksi Nasional Berdasar Prestasi Sistem seleksi nasional berdasar prestasi yaitu : a.        Minimal 50 % rata-rata raport seluruh mata pelajaran b.        Maksimal 50 % prestasi 2.         Se2. Seleksi Nasional Berdasar Tes Seleksi nasional berdasar tes ini yang diujinya adalah kemampuan nalar dan problem solving. Pada seleksi nasional berdasar prestasi yang diujikannya hanya tes skolastik, yaitu : a.        Tes potensi kognitif b.        Tes nalar matematika c.        Tes literasi Bahasa Indonesia d.        Tes literasi Bahasa inggris 3.       3.   Seleksi Mandiri oleh PTN Pada seleksi mandiri oleh PTN, PTN harus : a.        Menentukan jumlah calon mahasiswa yang akan diterima b.        Mengadakan tes mandiri, kerjasama tes melalui konsorsium Perguruan Tinggi, seleksi nasional tes, dan penilaian

Gangguan Pola Makan pada Remaja Perempuan

Gambar
 Gangguan pola makan pada remaja perempuan ada apa saja ? Ada dua macam gangguan pola makan yang umumnya dilakukan oleh remaja perempuan, yaitu Anorexia Nervosa dan Bulimia Nervosa, Kok, remaja perempuan yang mengalami gangguan pola makan ? Yup, karena biasanya pada usia remaja, perempuan mulai memerhatikan citra tubuhnya sedangkan kondisi emosional masih belum stabil. Maksudnya begini, ketika ada masalah emosional, mungkin galau karena nilai mata pelajaran tidak sesuai harapan, mungkin galau karena masalah pertemanan, mungkin galau karena masalah keluarga, atau karena sedang patah hati, biasanya remaja perempuan larinya ke ''makan''. Okey, lalu Anorexia Nervosa dan Bulimia Nervosa itu yang seperti apa ? Satu per satu kita bahas. 1. Anorexia Nervosa Anorexia nervosa adalah gangguan pola makan dengan ciri selalu berusaha kurus yang dilakukan  dengan cara menahan lapar. Anorexia nervosa merupakan gangguan serius yang dapat menyebabkan kematian.  Tiga karakteristik utama p

Narsistik itu Gangguan Kepribadian ?

Gambar
Narsistik merupakan gangguan kepribadian yang menyangkut permasalahan sosial seperti manipulatif, mudah berubah pendirian, tidak peduli hubungan sosial, dan bertingkah laku impulsif. Orang dengan gangguan narsistik, biasanya berusaha tampil agung, menamakan dirinya dengan seorang yang besar dan wow. Mereka tenggelam dalam keasyikan menerima perhatian dari orang lain, salah dalam menerima reaksi orang-orang disekitarnya, mempromosikan diri, dan kurang mampu memahami dan merasakan perasaan orang lain. Orang narsistik berperilaku dramatis, mencari ketakjuban orang lain, tetapi memiliki kedangkalan ekspresi emosi serta dangkal dalam menjalin hubungan dengan orang lain. Orang narsistik berpikiran bahwa diri mereka begitu penting, memiliki kekuatan, sebagai orang yang sukses, dan merasa bahwa diri mereka memegang kendali atas banyak orang. Dalam hubungan interpersonal, orang narsistik   membuat permintaan yang tidak rasional dan memaksa orang lain untuk mengikuti keinginannya, memanfaatk

Ansos atau Antisosial, Apa Itu ?

Gambar
 Antisosial atau yang kita kenal ''ansos''. Namun, sudahkah kamu tahu ansos itu ciri-cirinya bagaimana ? Yuk, kita cari tahu dulu mengenai antisosial atau ansos agar kita menggunakan kata ansos ini dengan tepat. Gangguan antisosial atau ansos ini ditandai oleh ciri-ciri kurangnya perkembangan moral dan tidak mampu membedakan mana yang pantas baginya dibandingkan dengan orang-orang yang lebih muda darinya. Ketidakmampuan mengikuti model perilaku yang disetujui oleh banyak orang, tidak malu menipu orang lain dan mempunyai riwayat hidup sebagai anak-anak bermasalah dalam melaksanakan apa yang harusnya ia lakukan. Antisosial ini atau yang kita kenal ansos merupakan gangguan yang serius selama lebih dari dua abad (Sher & Trull, 1994). Ciri kunci   dari antisosial atau ansos ini adalah melemahnya atau rusaknya kemampuan untuk membentuk hubungan positif dengan orang lain dan kecenderungan untuk menggunakan perilaku-perilaku yang bertentangan dengan dasar-dasar norma da

A Letter from a Mummy

Gambar
I love you without requisite I write your name since 3 years before you born You have never been asked to be mine You can’t choose me to be your mummy But me, hopefully you to be mine Allah grants you as my heart life   If I look to the last, you accompany me in my belly Accompany our hard time, hard burden, hard pressure Such a strong fetus and live on and on while others fetuses are   not survive   I’m not a perfect mom but I wanna be the best mom for you as I can Sometime, I do something wrong to you just because I don’t learn your life span first I’m not sensitive   that time   As you grow up,   I need to learn about your need scientificly Sometime, you say to me ‘’let’s read this fable’’ ‘’Mom, can you demonstrate this movement likes my body movement?’’ ‘’help me, mummy’’ ‘’Mom, accompany me to that store !’’   Ya ! those statements between my busy time My beautiful Qaway……. If I tell you ‘’I love you without requisite’’ for one thousa

Kaitan Perilaku Negatif Remaja SMA dengan Pola Asuh Orang Tua

Gambar
Kaitan Perilaku Negatif Remaja SMA dengan Pola Asuh Orang Tua  Hi readers, are you okay today ? Berbicara tentang remaja, rasanya terkesan seolah tak ada habisnya. Kadang kita heran kenapa dari sekian ratus jumlah remaja, mereka begitu berbeda-beda karakternya terutama ketika berada di lingkungan sekolah. Kadang kita melihat remaja itu sebagai seorang yang sering bolos, seorang yang suka merokok saat jam pelajaran, seorang yang suka ceplas ceplos kalo berbicara di kelas, seorang yang apabila ditanya ini itu justru malah diam saja, dan lain sebagainya. Kadang kita mudah saja melabeli remaja tersebut, tanpa kita sadari bahwa mereka juga sama seperti kita. Bersikap abcdefgh ketika bekerja, juga karena ada banyak latar belakang di balik sikap yang kita tampilkan, mungkin karena pengalaman masa lalu salah satunya, mungkin karena sedang memiliki masalah, dan lain sebagainya. Siswa pun demikian, mereka malas-malasan belajar, ogah-ogahan bahkan terkesan remaja yang nakal, juga karena ada yan